Senin, 28 Mei 2012

Sejarah Skateboard

Generasi Pertama (1950 – 1970)
Skateboarding pertama kali dimulai pada tahun 1950, ketika semua peselancar di California mendapat ide untuk mencoba berselancar di jalanan. Tidak ada yang tahu siapa yang membuat papan pertama, walaupun tampaknya bahwa beberapa orang datang dengan ide yang sama pada saat yang sama pula. Beberapa orang telah mengklaim telah menemukan skateboard pertama, tapi tidak bisa dibuktikan, dan skateboard tetap ciptaan spontan aneh.Pada tahun 1963, skateboard berada di puncak popularitas, dan perusahaan seperti, Jack Hobie dan Makaha mulai mengadakan kompetisi skateboarding.
Kompetisi skateboard pada saat ini adalah gaya downhill slalom atau gaya bebas (freestyle). Torger Johnson, Woody Woodward dan Danny Berer adalah beberapa pemain skateboard yang terkenal, tetapi gaya bermain skateboard mereka sangat berbeda dengan para skateboarder masa kini! Gaya skateboard mereka, walaupun disebut “gaya bebas”, tetapi terlihat lebih seperti menari balet atau ice skating dibanding dengan bermain skateboard.
Kemudian, pada tahun 1965, popularitas skateboard tiba-tiba jatuh. Kebanyakan orang berasumsi bahwa skateboarding adalah sebuah trend yang telah mati, seperti hula hoola. Perusahaan skateboard bangkrut, dan orang-orang yang ingin bermain skateboard harus membuat skateboard sendiri lagi dari awal. Tetapi orang masih berseluncur, meskipun beberapa bagian sulit dibuat dan ditemukan serta papan yang dibuat sendiri. Skaters yang menggunakan roda tanah liat untuk papan mereka, sangatlah berbahaya dan sulit dikontrol untuk berseluncur dijalanan.
Awal Papan Skateboard
Generasi Kedua (1970 – 1980)
Tapi kemudian pada tahun 1972, Frank Nasworthy menemukan roda skateboard urethane, yang mirip dengan skaterboard yang sering digunakan saat ini. Perusahaannya disebut Cadillac Wheels, dan penemuan ini memicu minat baru dalam bermain skateboard di kalangan peselancar dan orang-orang muda lainnya.
Pada musim semi tahun 1975, skateboard membuat langkah evolusioner sehingga dapat dikenal sampai saat ini. Di Del Mar, California sebuah downhill slalom dan kontes gaya bebas diadakan di Ocean Festival. Hari itu, tim Zephyr menunjukkan kepada dunia hal mustahil yang bisa dilakukan dengan bermain skateboard. Mereka berseluncur dengan papan mereka yang tidak pernah dilakukan sebelumnya yaitu dengan terlihat indah dalam berselancar dan skateboard pun menjadi hobi yang dilakukan dengan serius dan menarik. Setelah kompetisi tersebut Tim Zephyr pun memiliki banyak anggota, tetapi yang paling terkenal adalah Tony Alva, Jay Adams dan Stacy Peralta. Tim Zephyr, dan semua skaters yang ingin menjadi seperti mereka,membuat skateboard bahkan lebih menantang di mata publik, serta menambahkan sentimen anti kemapanan yang kuat yang masih tetap di pegang di olahraga ekstrem skateboarding hingga hari ini. Mereka juga telah difilmkan dengan judul DOGTOWN.
Team Zephyr
Pada tahun 1978, hanya beberapa tahun popularitas gaya baru low-to-the-ground skateboarding, skater bernama Alan Gelfand (dijuluki “Ollie”) menemukan sebuah manuver yang memberi skateboard lompatan revolusioner lainnya. Triknya adalah dia akan membanting kaki belakang serta menekan ke bawah pada pangkal (tail) dari papan skateboard dan melompat, sehingga mengangkat tubuhnya dan papan skateboard ke udara. dan istilah Ollie pun lahir, sebuah trik yang benar-benar merevolusi skateboard dan trik ini adalah trik dasar dalam bermain skateboard. Trik ini juga yang membesarkan nama Alan Gelfand di dunia skateboard, sehingga Alan Gelfand dinobatkan di skateboard hall of fame pada tahun 2002 lalu.
Ollie Trick
Sayangnya, menjelang akhir 70-an skateboard menghadapi kehancuran kedua dalam popularitas. Skate park telah banyak dibangun, tetapi dengan citra skateboard yang menjadi kegiatan yang sangat berbahaya, sehingga pihak asuransi tidak mau memberikan polis asuransi bagi pemain / olahragawan skateboard. Hal tersebut juga dikombinasikan dengan orang-orang yang datang untuk menggunakan skateparks menjadi sedikit atau berkurang pengunjung untuk bermain skateboard sehingga memaksa sebagian skate park tutup.

Generasi Ketiga (1980 – 1990)
Tetapi skaters masih berseluncur dengan papannya. Melalui pemain skateboard era 80-an mulai membangun skatepark di rumahnya sendiri. Skateboarding mulai menjadi lebih dari sebuah gerakan bawah tanah, dengan para skaters yang terus bermain apa pun yang terjadi untuk membuat dunia ini adalah skate park bagi mereka. Selama era 80-an, perusahaan kecil skateboard yang dimiliki oleh pemain skateboard mulai bermunculan. Hal ini memungkinkan setiap perusahaan untuk menjadi kreatif dan melakukan apapun yang mereka inginkan mulai dari gaya baru hingga bentuk bentuk papan pun dijadikan media kreatif mereka.Era 80-an juga membawa sebuah teknologi baru bernama VCR dan membuka olahraga skateboard menajdi trend dunia. Stacey Peralta dan George Powell bersama tim dari skaters muda berbakat lainnya membuat sebuah tim bernama Bones Brigade. Stacey yang memiliki bakat di dunia film membuat sebuah rekaman video skateboard yang revolusioner pada tahun 1984 yang diberi judul The Bones Brigade Video Show. dalam Video tersebut Tim Bones Brigade juga melibatkan beberapa nama besar di dunia skateboard seperti Steve Caballero, Tony Hawk, Mike McGill, Lance Mountain, Rodney Mullen, Stacy Peralta, dan Kevin Staab. Peralta juga kemudian membuat lagi video Bones brigade yaitu Brigade lebih Tulang – Future Primitive pada tahun 1985, dan yang paling terkenal adalah video Search for Animal Chin pada tahun 1987. Setelah itu ada banyak dan banyak lagi video tentang skateboard. sehingga Skateboard pun mulai mempengaruhi gaya pakaian, musik dan budaya.
[The Bones Brigade crew in the ‘80s (L-R): Rodney Mullen, Mike McGill, Tommy Guerrero, Tony Hawk, Steve Caballero and Lance Mountain. Photo courtesy Stacy Peralta]The Bones Brigade In Action
Sayangnya, menjelang akhir tahun 80-an, skateboarding mulai menurun kembali dalam hal popularitas. Karena para skater sudah mulai meninggalkan gaya atau trik Vert mereka dan mulai meluncur dijalanan. sehingga para skater Vert seperti Tony Hawk mengalami masa suram pada awal tahun 1980-an hingga akhir 1990-an.

Generasi Keempat (1990 – Sekarang)
Walaupun Vert skateboarding jatuh popularitasnya di awal 90-an, tapi skateboard masih tetap ada. Saat itulah Mike Vallely dan Natas Kaupas datang pada waktu yang tepat dan menjadikan Street Skateboard ke level yang lebih ekstrem.Skateboarding mulai populer lagi di tahun 90-an, kali ini dengan sikap yang lebih ekstrem, kasar, dan berbahaya. Ini bertepatan dengan munculnya musik punk yang lebih keras sebagai musik pemberontak dengan campuran dua aliran musik dan olahraga ekstrem yaitu antara punk dan skater tersebut membuat skateboard makin digemari di kalangan anak muda yang sedang mencari jati diri mereka.Pada tahun 1995, ESPN mulai mengadakan acara Extreme Game yang biasa disebut X-Game pertama kali, di Rhode Island, dan menuai sukses besar, dan membantu skateboard lebih dekat ke olahraga mainstream, dan lebih dekat untuk diterima oleh masyarakat umum. Pada tahun 1997 Winter X Games pertama diadakan, dan “Olahraga Ekstrim” akhirnya diklasifikasikan masuk ke olahraga mainstream. Banyak skaters membenci olahraga skateboarding perlahan-lahan bergerak dari bawah tanah menuju ke olahraga mainstream. Namun, bukan acara X Games yang membawa vert skateboarding kembali ke popularitas. Tetapi X Games dan kompetisi seperti itu terus menjaga vert skateboarding tetap populer. Vert skateboarding pun secara perlahan menjadi olahraga yang enak untuk ditonton layaknya sebuah pertunjukan.
Bob Burnquist at X-Games 2004
Sejak tahun 2000, perhatian media massa dan produk-produk untuk skateboarding seperti video game, skateboard untuk anak-anak dan komersialisasi semuanya menarik dan lebih ke mainstream. Keuntungan dari ini adalah bahwa, tentu saja, skaters lebih diterima, dan asumsi bahwa semua skaters adalah penjahat secara perlahan sedang diruntuhkan. Juga, dengan lebih banyak uang yang dimasukkan ke dalam skateboard, ada skateparks lebih, skateboard baik, dan lebih skateboard perusahaan untuk terus berinovasi dan menciptakan hal baru.Namun, ada kelompok besar skaters yang masih bergerak di bawah tanah, dan yang sangat tidak setuju dengan cara skateboarding untuk mencari keuntungan dari skateboarding karena skateboarding adalah kegiatan yang sangat individu tidak ada cara yang benar atau salah untuk bermain skateboard. Namun, jika skateboarding secara resmi diklasifikasikan sebagai “olahraga”, banyak skaters takut kebebasan ini akan mati. Saat ini banyak keprihatinan tentang skateboarding menjadi olahraga Olimpiade.Tapi, dengan semua sejarah yang singkat tentang Skateboard, pertanyannya apakah skateboard masih akan ada di masa yang akan datang ? yang pasti adalah skaters baru bermunculan dengan trik baru pula setiap saat. Skateboarding juga adalah penemuan jati diri dan tidak pernah membatasi seorang skaters untuk berkreasi. (gir99)
I consider skateboarding an art form, a lifestyle and a sport ~Tony Hawk~
  
 sumber : http://koranbaru.com/sejarah-skateboard/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar